BERITANASIONALPOLITIK

Presiden Jokowi Pastikan Program Unggulan Pragib Masuk APBN 2025

×

Presiden Jokowi Pastikan Program Unggulan Pragib Masuk APBN 2025

Sebarkan artikel ini

JScom, JAKARTA – Pasca Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2024, Presiden Joko Widodo tancap gas mempersiapkan masuknya program unggulan dari presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi mematikan sejumlah program unggulan PRAGIB masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025. Hal itu disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana ketika ditanya mengenai alasan Presiden Jokowi dan pemerintahannya tak membentuk tim transisi untuk pemerintahan selanjutnya.

Bacaan Sahabat JS  Data 100 Persen Quick Count: Delapan Partai Duduki Parlemen, Selamat Tinggal PPP

“Presiden Jokowi akan mendukung dan menyiapkan masuknya program-program unggulan presiden dan wakil presiden terpilih dalam rencana kerja pemerintah (RKP) dan RAPBN 2025,” ujar Ari dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/4/2024).

“Termasuk yang bisa segera dieksekusi pasca-20 Oktober 2024, setelah presiden-wakil presiden terpilih dilantik,” kata dia.

Menurut Ari, semangat yang ingin ditekankan Presiden Jokowi yakni mengawal keberlanjutan pembangunan untuk mewujudkan Indonesia Maju yang saat ini sudah dimulai fondasinya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, ia dan jajarannya tak membentuk tim transisi untuk mempersiapkan pergantian pemerintahan ke presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Bacaan Sahabat JS  Presiden Jokowi Galau, Ganjar Nasehati Ayah Gibran itu Untuk Jaga Netralitas

Menurut Presiden, ia dan pemerintahan saat ini hanya menyiapkan agar pergantian pemerintahan berjalan mulus dan baik. Dengan begitu, nantinya Prabowo dan Gibran bisa langsung bekerja setelah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.

“Kita itu menyiapkan agar transisinya itu bisa berjalan mulus dan baik sehingga presiden dan wakil presiden terpilih bisa langsung bekerja setelah dilantik. Kalau itu juga diminta dari presiden dan wakil presiden terpilih,” ujar Jokowi di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu (24/4/2024).

Bacaan Sahabat JS  Jokowi Dilibatkan Dalam Susun Kabinet Prabowo Gibran, Ini Kata Pengamat

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara pun memberikan tanggapan serta pesan-pesannya untuk presiden dan wakil presiden terpilih. Presiden Jokowi meminta agar Prabowo dan Gibran segera mempersiapkan diri untuk langsung bekerja setelah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. (JKB)