POLITIKKepulauan SulaMaluku UtaraPILKADA 2024

Blunder Kaders Wantex, Pilkada Sula Makin Berwarna, Ihsan Berpeluang Mesra dengan Banteng

×

Blunder Kaders Wantex, Pilkada Sula Makin Berwarna, Ihsan Berpeluang Mesra dengan Banteng

Sebarkan artikel ini

JScom, Kepulauan Sula – Fenomena “Kaders Wantex” di internal Partai Banteng Maluku Utara ternyata bikin arena kontestasi Pilkada 2024 makin berwarna. Figur Fifian Adeningsih Mus yang di-”Black-List” partai, seolah membuka ruang bagi bakal calon Kepala Daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah di Kepulauan Sula untuk diusung PDI Perjuangan makin bervariasi figurnya.

PDI Perjuangan di mata para bakal kandidat ibarat Benteng Takeshi yang sulit dibobol. Publik Kepulauan Sula pun selama ini menilai Fifian Adeningsih Mus sangat kokoh di bawah naungan Banteng. Bupati Ningsih yang adalah kaders Banteng ini dipastikan melaju di Pilkada 2024 bersama PDI Perjuangan.

Sayang, penilaian dan rasa tak selalu obyektif. Partai besutan Megawati Soekarnoputeri ini terlanjur patah arang. Bukan sekadar kecewa, tapi lebih dari itu Bupati Fifian dianggap “wan-prestasi” dan gagal merawat komitmen. Fifian disebut Kaders Wantex, Fifian terkontaminasi Pewarna Sintetis alias Palsu.

“Jadi kedepan, kami mau mengusung kaders asli bukan, kader wantex (pewarna, red). Merah murni. Bukan campur-campur, merah kuning,” tegas Ketua DPD PDI Perjuangan, Maluku Utara, Muhammad Sinen, kepada media, usai rakor Pemenangan Pilkada, di Grand Majang, hari ini, Sabtu 20 April 2024.

Bacaan Sahabat JS  MALUKU UTARA, DARI NIKEL SAMPAI PENJUALAN PULAU

Sikap tegas Partai Banteng yang disampaikan Muhammad Senen ini, lantas disambut baik oleh sejumlah kalangan, terutama para bakal calon kepala daerah di Kepulauan Sula. Sebutlah Hendrata Thes, Safi Pawah, Muhammad Nasir Sangdji, Asrul Gailea, Husni Sanaba, hingga beberapa figur calon perseorangan.

Meski berhasil menempatkan 4 (empat) kadersnya di kursi DPRD Kepulauan Sula sesuai hasil Pemilu 2024, PDI Perjuangan tak bernafsu memajukan kadrsnya ke posisi Calon Kepala Daerah. “Jadi siapa pun calon Bupati Sula, Wakilnya harus dari PDIP. Ningsih bukan kader murni. Ini menjadi warning keras. Dan Ningsi akan dievaluasi,” tegas Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan dua periode itu.

Ihsan Umaternate Punya Kans Besar

Pernyataan Muhammad Senen tentu memberi ruang bagi Bakal Calon Bupati dari partai lain maupun Calon Perseorangan untuk bersanding dengan figur wakil Bupati dari Partai Banteng ini. Yang menarik, selain Hendrata Thes, Safi Pawah, Muhammad Nasir Sangadji dan Asrul Gailea, sumber kuat di DPD PDI Perjuangan Maluku Utara menyebut salah seorang Bakal Calon Perseorangan, Iksan Umaternate punya kans besar bergandeng dengan kaders PDI Perjuangan di Pilkada November nanti.

Bacaan Sahabat JS  25 Caleg HANURA dan 600-an Saksi Kawal 302 TPS di Kepulauan Sula

“Semua pergerakan dan aspirasi politik harus kita cemati. Peluang calon perseorangan, seperti Iksan Umaternate, juga layak bersanding dengan kaders kami, yaitu Sahril Fatgehipon dan Darwis Gorontalo. Kita lihat saja nanti di hasil proses penjaringan, DPP akan memutuskan sesuai mekanisme partai” ujar sumber ini.

Diketahui, tim penjaringan bakal calon kepala daerah DPD PDI Perjuangan Malut juga sudah memantau perkembangan politik di Kepulauan Sula. Disebutkan, Calon Perseorangan Ihsan Umaternate memiliki pergerakan cukup signifikan, terutama pembentukan simpul-simpul relawan hingga ke desa-desa.  Bahkan mendapat dukungan langsung dari sejumlah tokoh berpengaruh di Kepulauan Sula.

Bacaan Sahabat JS  Jaksa Diduga Lindungi Pejabat Terduga Korupsi di Kepulauan Sula, Begini Nyanyian Bimbi Dari Bilik Penjara

“Kami melihat Bakal Calon Bupati Ihsan Umaternate layak disandingkan dengan Darwis Gorontalo atau Sahril Fatgehipon. Hal ini akan dibahas khusus, termasuk figur calon bupati lain dari unsur partai politik,” ungkap sumber ini.

Senada dengan sumber ini, Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku Utara Muhammad Senen mengatakan dua kaders PDIP memiliki peluang yang sama untuk diusung dalam pilkada 2024, yakni Sekretaris DPC Kepulauan Sula, Sahril Fagehipon dan Pengurus Partai DPD PDIP, Darwis Gorontalo. “Jadi intinya DPD siap memenangkan pasangan yang wakilnya dari PDI Perjuangan,” tandasnya.

Posisi Iksan Umaternate dikabarkan unggul dibanding figur lain. Pasalnya, Ihsan adalah sosok yang tak asing di mata fungsionaris PDI Perjuangan Malut yang kala itu pernah dalam satu barisan memenangkan Fifian Adeningsih Mus – Saleh Marasabessy di Pilkada 2020 lalu. Ihsan saat itu sebagai Ketua Tim Pemenangan FAM_SAH, yang aktih membangun komunikasi pemenangan lintas partai terutama dengan Ketua PDI Perjuangan Muhammad Senen. (DBH)